Posted in Cerita, Event, Hiburan, life style

A Great Day; Workshop Citizen Journalist Academy

Citizen Jounalist Academy
Saat berlangsungnya acara sesi pertama Citizen Journalist Academy di Gedung Balaikota Semarang

Semarang, 03/08/2017 – Acara yang dipersembahkan oleh Indosiar, liputan6.com dan Pertamina ini telah menarik perhatian ratusan mahasiswa dan pelajar di Kota Semarang, Jawa Tengah. Well, kenapa tidak? Karena acara ini cukup bergengsi untuk kalangan yang ingin terjun di dunia jurnalis, seperti wartawan, reporter, kameramen dan presenter.

Well, pada hari itu gue hanya mengikuti workshopnya saja karena tidak tertarik untuk mengikuti audisi, lebih tepatnya sadar diri atas kemampuan, tapi dari dulu gue memang sudah penasaran tentang dunia jurnalis dan media sih. Yah, itung-itung nambah pengalaman dan wawasan, bersyukur sekali bisa mengikuti workshop tersebut langsung dari para presenter Indosiar. Audisi itu sendiri dilaksanakan di 3 kota, yakni Jakarta, Semarang dan Balikpapan. Pada masing-masing kota hanya membutuhkan 30 finalis untuk siap di adu di Jakarta.

Ketika gue bertanya pada temen gue yang berasal dari UNDIP perihal kenapa iya mereka hanya memilih 3 kota itu, kemudian dia beralasan bahwa memilih Jakarta itu ya harus sudah pasti lah, kalau Semarang mungkin letaknya ditengah-tengah, jadi lebih mudah untuk di jangkau, dan yang terakhir memilih Balikpapan mungkin karena disitulah tempatnya Pertamina. Yahhh, anggap saja jawaban ini lumayan logis yak.

Acara inipun dilaksanakan dengan 3 sesi. Sesi pertama adalah Journalism and Media Class, yakni mengenai bagaimana sih caranya bisa menghasilkan news media content yang kreatif, sesi ini disampaikan langsung oleh para presenter Indosiar.

Sesi kedua adalah Creative Energy Class, yakni bagaimana sih caranya melakukan tindakan energi kreatif yang bermanfaat untuk negeri. Sesi ini disampaikan langsung oleh M. Alfatih Timur (CEO dan CO Founder KitaBisa.com) dan Aditya Wira Santika (Investor Relations Pertamina).

Dan sesi ketiga adalah Career Class, yakni bagaimana sih caranya memulai karir di dunia industri media yang mana menurut gue ini adalah sesi yang paling penting dan bikin penasaran. Di sampaikan langsung oleh Desita Tambunan (HR Talent Acquisition SCTV & Indosiar) dan Ryan Wiedaryanto (News Manager Presenter & Creative Presentation Indosiar).

Well, mungkin hanya itu yang bisa gue sharing kali ini yak, sepertinya tahun depan acara ini akan dilaksanakan kembali, cocok banget nih buat yang bener-bener ingin terjun di dunia jurnalis.

Advertisements

Author:

Temukan saya di instagram : @arikakhoiriya

33 thoughts on “A Great Day; Workshop Citizen Journalist Academy

  1. Iya, cocok banget tu event buat yg emang suka jd jurnalis. Cb klau aku disitu, pasti ikut juga.

    Oya, Arika, slain dapat ilmu, kamu diksih ap aja? Sertifikat gitu atau, nasi bungkus aja? Hee…

    1. Tgl 10 Agustus nanti di Balikpapan lho. Itu masih jauh dari kinipan atau bukan? Hahaha kaga ngarti dah.

      Hahaha, iyak dapet sertifikatnya juga mas desfortin.

      1. Biasanya klo workshop kan dapat file presentasinya atau apa itu namanya yg kayak browsur berisi gambaran besar apa yg dibawakan pembicara ๐Ÿ˜€

  2. Kenapa kamu minder untuk mencoba audisi menjadi jurnalis wahai kawanku? Padahal, menurutku kamu punya bakat loh. Sejauh ini aku melihatmu sebagai sosok yang percaya diri dan pandai bicara di depan banyak orang. Cobalah sekali-kali. Tapi sebelumnyaโ€ฆ
    Bole kenal?

    *LAAAAAH wkwkw

    Kamu semarang to mbak -_- aku bole main ke semarang ndak?

    1. Begitu iya ๐Ÿ˜ฐ, ya entahlah, mungkin tahun depan akan kucoba. Lagian kemarin cuma penasaran workshopnya aja, udah gitu aja ๐Ÿ˜›

      Aku asli Kudus sih tapi kuliah di Semarang haha ๐Ÿ˜›

      1. Hahahahaaaaaak baeqlaaa ๐Ÿ˜€ Saya sebagai orang baru dihidupmu akan senantiasa mendukungmu bagaimanapun caranya kok *LAAAAAAH

        Haha biarlah, yang penting aku kalau ke semarang udah tau siapa yang bakal aku hubungi :p

    1. Wah masalahnya saya tidak ikut audisinya, kemarin hanya mengikuti workshopnya sekilas, banyak sih yg diterangkan dan itu hanya saya dengarkan dan sayapun lupa mencatat. ๐Ÿ˜€

  3. Selamat Siang Arika,

    Wah ternyata passion nya sama sama di jurnalistik yah.
    Saya Soraya dari http://serumah.com.
    Saat ini trend berbagi ruangan/roomsharing sangat marak di kota besar. Kami berinisiatif untuk membuat situs pencari teman sekamar/roommate agar orang-orang yang ingin menyewa tempat tinggal (apartemen, rumah atau kost) dapat berbagi tempat tinggal dan mengurangi biaya pengeluaran untuk tempat tinggal. Berawal dari ide tersebut, website serumah.com diluncurkan pada awal tahun 2016.

    Saat ini saya meminta bantuan anda untuk menuliskan artikel review mengenai serumah.com di situs blog anda. Saya dan Tim Serumah sangat menghargai jika Anda bersedia untuk memberikan review terhadap website kami dan menerbitkannya di blog anda.

    Mohon hubungi saya jika ada pertanyaan lebih lanjut. Saya ucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatannya.

    Soraya F.
    Cataga Ltd.
    soraya.serumah@gmail.com
    http://serumah.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s