Posted in #arsitektur

Perspektif dalam Seni Rupa dan Arsitektur

Perspektif
Perspektif Dua Titik Hilang

Perspektif adalah konteks sistem dan persepsi visual, yakni cara bagaimana objek terlihat pada mata manusia berdasarkan sifat spasial, atau dimensinya dan posisi mata relatif terhadap objek. Ini menurut Wikipedia. Sedangkan menurut KBBI, perspektif adalah cara melukiskan suatu benda pada permukaan yang mendatar sebagaimana yang terlihat oleh mata dengan tiga dimensi (panjang, lebar, dan tingginya). Intinya menurut saya itu upaya menggambar suatu ruang agar telihat sesuai dengan penglihatan manusia. 

Perspektif
Perspektif Bangunan

Contoh mudah gejala perspektif pada penglihatan yang sering saya lakukan diperjalanan ialah seperti ketika melihat gedung-gedung di jalan, semakin jauh penglihatan saya maka gedung itu akan terlihat semakin kecil. Sebaliknya, gedung yang dekat dengan penglihatan saya akan terlihat besar. Ini sesuai dengan salah satu Hukum Perspektif yang paling saya pahami yakni gambar benda yang jauh dari mata akan mengecil atau menghilang. Inilah yang di sebut titik hilang. Apa itu titik hilang???????

Yaps, pengertian titik hilang dalam bidang seni rupa atau arsitektur ialah titik dalam gambar perspektif di mana garis-garis yang sesungguhnya dalam keadaan sejajar akan menghilang menuju titik ini. Intinya itu, objek-objek yang pada kenyataannya sama besar, tapi karena posisinya menjauhi pengamat, maka akan tergambarkan lebih kecil daripada objek yang lebih dekat dengan pengamat.

Segitu dulu iya guys.. lelah juga gue kalo lama-lama ngomong serius. Wkwk..

Advertisements

Author:

Temukan saya di instagram : @arikakhoiriya

18 thoughts on “Perspektif dalam Seni Rupa dan Arsitektur

  1. perasaan di dunia fotografi juga ada, tapi gak tau tekhnik apa. mungkin tehnik cara mengambil angel agar terlihat mengecil. ya bahasa gampange “sejauh mata memandang” 😀 wkwkwk #cmiiw

      1. gak tau, kata orang orang orang si, seni melukis dengan cahaya. ya kali seni rupa visual, kecuali photoghrapnya karya ed sheeran, itu seni suara hhhaaa #cmiiw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s