Bunga

Bunga Wijaya Kusuma mekar

Bunga Wijayakusuma termasuk jenis tanaman kaktus yang mempunyai kelas dicotiledoneae. Tanaman ini berasal dari Amerika tropika yang kemudian menyebar ke Cina dan masuk ke Indonesia di zaman Majapahit. Bunga ini dapat hidup pada daerah dengan iklim sedang sampai beriklim tropis.

Yaps, begitulah penjelasan singkat tentang bunga Wijaya Kusuma dari Wikipedia (terima kasih Wikipedia, tanpamu… Ah sudahlah, kali ini aku benar-benar ingin menulis serius) wkwk.. Tambahan, Bunga Wijaya Kusuma atau nama latinnya adalah Epiphyllum Anguliger berjenis kaktus, masuk pada divisi anthophita, bangsa opuntiales. Terdapat sekitar 1.500 jenis (famili) dari kaktus. Tumbuhan kaktus bisa hidup subur pada daerah sedang hingga tropis. (sumber : rindutanahbasah.wordpress.com)

Jadi, tadi malam aku menunggu bunga Wijaya Kusumaku yang tepat berada didepan rumah itu mekar. Demi bunga kesayanganku itu aku menunggu sampai jam 11 malam. Bunga ini memang unik karena cuma mau mekar pada malam hari, dan akan mekar seutuhnya pada tengah malam. Entahlah.. ketika aku searching ingin mengetahui lebih luas tentang bunga ini yang keluar malah mitos-mitos, katanya bunga Wijaya Kusuma itu punya mitos bla bla bla.. ble ble ble.. begini-begitu lah. Menanggapi pernyataan dari Mbah Google aku cuek aja lah iya, yang penting bisa menikmati keindahan dan keharumannya tadi malam, walaupun hanya sekali. Dan tentu, pada saat malam itu juga aku mendapat ilmu pengetahuan tentang bunga. Yap, dapat ilmu lagi dari hal-hal kecil.

