Gallery art

Semarang art gallery

Pada tahun 2001, Semarang Gallery terletak di pusat kota Semarang, Indonesia. Dilandasi dengan komitmen untuk mendedikasikan ruang ini sebagai sebuah media yang memperkenalkan karya-karya seniman kontemporer Asia, khususnya perupa-perupa Indonesia.

Art Gallery ini konsisten dalam upaya untuk meningkatkan apresiasi terhadap seni rupa, galeri ini juga mempunyai reputasi yang terjaga baik dan sekaligus menjadi sebuah alternatif bagi standar perkembangan seni rupa kontemporer di Indonesia.

Dan pada tahun 2008, galeri ini pindah ke sebuah lokasi baru, Jalan Taman Srigunting No. 5-6, menempati sebuah bangunan warisan budaya di Kota Lama Semarang dan merupakan sebuah area dengan karakteristik arsitektur kolonial Belanda, yang ideal bagi perkembangan pariwisata kota Semarang.

Pemilik galeri sendiri, Chris Dharmawan, seorang kolektor dan filantropi seni, mempunyai sebuah filosofi bahwa pertemuan antara manusia, budaya, seni dan idealisme dalam sebuah ruang akan selalu menghasilkan keindahan bagi kehidupan manusia seutuhnya.

Well.. meskipun begitu, pada saat saya dan temanku berkunjung ke Art Gallery pada tanggal 7 Oktober kemarin, karyanyapun tak seramai karya-karya yang di display terdahulu, banyak yang berbeda, dan banyak sudut-sudut yang semakin kosong, yahh.. mungkin karena sekarang sepi pengunjung kali iyaa atau kurangnya apresiasi dan kepekaan terhadap seni? Who knows.. Dan kalau boleh kasih saran sih.. menurutku lokasinya itu pun terlalu tertutup dan kemungkinan jarang diketahui banyak orang, tapi unik sih.. secara, letaknya yang berada di Kota Lama, kawasan bersejarah. Saya saja semakin penasaran dengan sudut-sudut dibalik Kota Lama yang termasuk kawasan favorit saya itu untuk bereksplor sejarah terutama yang mengandung seni, kali aja ada beberapa sudut yang masih tersembunyi. Yuk!

Advertisements